Minggu, 09 Februari 2014 - 20:34:07 WIB
Fedep Bakorwil III Dievaluasi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita FEDEP Cilacap - Dibaca: 1922 kali

Program Forum Pengembangan Ekonomi Lokal (Fedep) yang ada di wilayah Bakorwil III Jawa Tengah dievaluasi, Selasa (4/2) bertempat di Kantor BAPPEDA Kab. Banjarnegara. Monitoring dan evaluasi dilakukan untuk melengkapi buku pedoman pelaksanaan kegiatan pengembangan ekonomi lokal yang saat ini sedang disusun.

Kasubid Ekuindag Bappeda Provinsi Jateng, Arief Wahyudi mengatakan, dalam evaluasi ini disusun sejumlah instrumen yang dirancang untuk mempermudah kabupaten atau kota dalam mencermati hasil jerih payah bersama yang sudah dicapai.
“Instrumen ini juga dirancang untuk merencanakan upaya perbaikan di masa mendatang,” jelasnya. Dengan instrumen ini, diharapkan kinerja bisa dievaluasi dengan baik dan berdampak pada peningkatan kinerja pengembangan ekonomi lokal secara berkelanjutan.
Dengan evaluasi, diharapkan bisa ditemukan solusi atas permasalahan yang terjadi di setiap kabupaten/kota. Arif menjelaskan, monitoring dan evaluasi dilaksanakan secara mandiri oleh kabupaten atau kota terkait.
“Evaluasi ini sebagai alat untuk mengukur kemampuan kemajuan pengembangan ekonomi lokal di daerah,” paparnya. Menurut dia, Peran Fedep kian strategis, sehingga terus didorong agar semakin kuat.
“Potensi usaha mikro, kecil dan menengah yang ada di Provinsi Jawa Tengah saat ini perlu terus dikembangkan,” ujarnya. Menurut Arif, dengan jumlah desa dan kelurahan keseluruhan yang mencapai 8.557, Jawa Tengah memiliki potensi sumber daya yang melimpah untuk terus dikembangkan.
Pengembangan potensi ini salah satunya dilakukan dengan membentuk klaster usaha. Dijelaskan oleh Arif, saat ini telah terbentuk 177 klaster yang didampingi oleh Fedep yang ada di setiap kabupaten atau kota. “Jumlah klaster akan terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan,” imbuhnya. (drn/din)

(Sumber: http://www.radarbanyumas.co.id/fedep-bakorwil-iii-dievaluasi/)




0 Komentar :