Senin, 15 September 2014 - 08:39:59 WIB
TIM PENILAI LOMBA BUPATI PEDULI OBIT LAKUKAN PENILAIAN DI CILACAP
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Daerah Cilacap - Dibaca: 37207 kali

HUMAS CILACAP. Tim dari Kementerian Kehutanan Republik Indonesia, Kamis (04/09) siang melakukan penilaian di Kabupaten Cilacap, dalam rangka lomba Bupati Peduli Penanaman satu Milyar pohon tahun 2013 tingkat Nasional.

Tim yang berjumlah empat orang dipimpin oleh Ir. Susilo Indar dari Direktorat Bina Pengelolaan DAS dan Perhutanan Sosial Kementerian Kehutanan RI. Tim diterima oleh Wakil Bupati Cilacap Akhmad Edi Susanto dalam satu acara di Gadri pendopo Wijayakusuma Cilacap.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Drs. Sutarjo,MM dan para Kepala SKPD terkait dengan program One Billion Indonesian Tree/OBIT.

Menurut Ketua Tim penilai Ir. Susilo Indar, kunjungan di Cilacap adalah dalam rangka mengklarifikasi dan mencocokan data dengan realita yang ada di lapangan. Seperti kita ketahui bahwa Kabupaten Cilacap adalah juara pertama dalam Lomba Bupati peduli OBIT tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Untuk itu, tim akan melakukan klarifikasi dan pengamatan dilapangan serta memberikan penilaian tentang pelaksanaan penanaman pohon yang ada di Kabupaten Cilacap.

Kepala Dishutbun Kabupaten Cilacap, Ir. Sujito, Msi dalam paparannya menyampaikan, dalam mendukung pelaksanaan OBIT di Kabupaten Cilacap telah dilakukan sejumlah langkah dan kegiatan, mulai pembentukan kelompok kerja/pokja OBIT yang berasal dari perwakilan semua komponen baik unsur pemerintah maupun non pemerintah.  

Lebih lanjut Sujito mengemukakan, dalam kegiatan penanaman pohon, Kabupaten Cilacap berhasil melampaui target yang telah ditetapkan. Dari target 8,5 juta batang pohon yang ditanam atau setara dengan 5 batang per penduduk pada periode 1 Pebruari 2013 hingga 31 Januari 2014, telah mampu tertanam sejumlah 11.020.386 batang pohon atau sebesar 129,65 persen. Jumlah tersebut setara dengan luasan 27.550 hektar dengan estimasi per hektarnya ditanam sejumlah 400 batang pohon.

Penanaman dari sektor pemerintah jumlahnya mencapai 4.101.233 batang atau 37,21 persen dan dari sektor non pemerintah mencapai 6.919.153 batang atau sebesar 62,79 persen. Dari Swadaya masyarakat jumlah pohon yang ditanam mencapai 6.683.837 batang atau 60,65 persen serta dari CSR perusahaan diantaranya Pertamina, Holcim dan perbankan mampu menanam  sebanyak 585.943 batang atau 5,32 persen.

Kegiatan penanaman tersebut, lanjut Sujito, didukung dengan adanya posko bibit didua  tempat yakni posko bibit di Dishutbun Kabupaten Cilacap, dan Posko bibit UPT pembibitan Dishutbun di desa Kunci Sidareja.

Wakil Bupati Cilacap Akhmad Edi Susanto dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa seluruh komponen masyarakat Cilacap sangat mendukung dan melaksanakan program OBIT.

Wujud dukungan tersebut, lanjut Wabup, salah satunya melalui upaya konservasi lahan yang telah dan terus dilakukan serta diupayakan kontinuitasnya. Baik melalui kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan dengan dana dari Pemerintah, BUMN, BUMD, swasta dan swadaya masyarakat, serta melalui kegiatan pembentukan forum-forum komunikasi dengan berbagai stakeholder.

Menurut Wabup, keberhasilan pencapaian target penanaman dalam program OBIT di Cilacap, tidak terlepas dari peran aktif semua komponen masyarakat yang saling bahu membahu melaksanakan penanaman swadaya di lahan miliknya masing-masing.  (hromly)

(Sumber: http://www.humascilacap.info/new/news/detail/tim_penilai_lomba_bupati_peduli_obit_lakukan_penilaian_di_cilacap)




0 Komentar :