Rabu, 10 Desember 2014 - 07:13:03 WIB
Rapat Forum Rembug Klaster (FRK) Pariwisata bahas HPI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita FEDEP Cilacap - Dibaca: 6772 kali

Fedep-Cilacap. Fedep Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Rapat Forum Rembug Klaster Pariwisata kemarin Selasa (9/12) bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Cilacap. Rapat yang diikuti oleh sekitar 20 orang anggota FRK Pariwisata Fedep kabupaten Cilacap dibuka oleh Kepala Bidang Ekonomi Hasanuddin mewakili Kepala Bappeda. Rapat dipimpin oleh Ketua Fedep Kabupaten Cilacap Suyono membahas program kerja dan rencana kegiatan HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia).

Di awali dengan pemaparan oleh ketua HPI Cabang Cilacap Nurkholis yang menjelaskan tentang keberadaan HPI dalam rangka mendukung usaha kepariwisataan di Kabupaten Cilacap.

Pramuwisata adalah seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang obyek wisata Indonesia serta membantu segala sesuatu yang diperlukan oleh wisatawan, (Peraturan Menparpostel Nomor: KM. 82/ PW 102/ MPPT-88). HPI adalah wadah berhimpunannya individu-individu profesi Pramuwisata berlisensi di Indonesia.

Pembentukan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Cilacap bertujuan untuk:

  1. Menyiapkan SDM Pariwisata (Pemandu Wisata) yang berkualitas dan kompetitif dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan;
  2. Menyediakan jasa pramuwisata bagi wisatawan yang membutuhkan pemandu wisata;
  3. Meningkatkan kompetensi pramuwisata melalui pelatihan yang diadakan di forum HPI Kabupaten Cilacap.

HPI Kabupaten Cilacap sendiri telah dibentuk melalui SK Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Cilacap No. 556/00418/18/2013 tertanggal 10 Mei 2013 tentang Pembentukan Himpunan Pramuwisata Kab. Cilacap.

Kemudian dalam forum diskusi dibahas tentang Program/ Rencana kerja yang akan dilaksanakan berupa paket wisata yang akan ditawarkan kepada calon wisatawan yaitu:

  1. Sun rise-home industry tour
  2. Eastern nusakambangan tour
  3. Industry visit
  4. Desa wisata program
  5. Sebutret-cimendaway tour



0 Komentar :