Rabu, 10 Desember 2014 - 07:55:44 WIB
Studi Banding ke Desa Inovasi Tlogoweru dan Mlatiharjo Demak
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Daerah Cilacap - Dibaca: 72438 kali

Bappeda-Cilacap. Lebih Kurang 60 Perwakilan petani dan Warga Dua desa yaitu  Desa Hanum Kecamatan Dayeuhluhur dan Desa Widarapayung Wetan Kecamatan Binangun disertai pendamping dari SKPD teknis terkait dan Aparat Kecamatan Dayeuh Luhur dan Binangun mengunjungi 2 desa inovasi di Kabupaten Demak. Kunjungan yang dilakukan tanggal 5-7 November yang lalu mempunyai tujuan untuk belajar tentang inovasi yang telah diimplementasikan di dua desa di Kabupaten Demak.

Di Desa Tlogoweru Kecamatan Gajah mereka belajar tentang pemanfaatan predator alami yaitu burung hantu jenis Tyto Alba untuk mengurangi gangguan hama tikus di persawahan. Tyto Alba yang sudah dikembangkan di desa ini sejak Tahun 2011 ternyata sangat efektif sebagai predator alami dari hama tikus. Menurut pengakuan warga setempat, terjadi peningkatan hasil panen padi semenjak tyto alba dibudidayakan di desa tersebut. Sedangkan di Desa Mlatiharjo Kecamatan Guntur rombongan belajar tentang usaha pertanian organik dalam rangka membangun kemandirian petani dan menekan pemakaian pestisida kimia serta mulai dikembangkan sebagai Desa Wisata agro dan edukasi.

Diharapkan setelah kunjungan ini para petani di Desa Hanum dan Widarapayung Wetan lebih termotivasi untuk meningkatkan produksi pertanian dengan mengurangi peredaran hama tikus dengan bantuan predator alami tyto alba serta mulai menggeliat untuk membudayakan pertanian organik di desanya serta untuk merintis desa wisata agro dan edukasi.




0 Komentar :