Senin, 09 Februari 2015 - 08:19:50 WIB
JANUARI 2015 KOTA CILACAP DEFLASI 0,26 PERSEN
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ekonomi dan Bisnis - Dibaca: 1833 kali

CILACAP-Pada bulan Januari 2015 Kota Clacap mengalami deflasi 0,26 persen dengan Indeks Harga Konsumen -IHK sebesar 120,87. Deflasi Cilacap bulan Januari 2015 terjadi terutama disebabkan oleh adanya penurunan indeks pada kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan yang mengalami penurunan indeks harga konsumen sebesar -4,78 persen meski seluruh kelompok pengeluaran lainya mengalami inflasi , namun angka inflasi tersebut relatif lebih kecil. Turunnya harga BBM jenis premium dan solar pada 19 Januari lalu turut memengaruhi kondisi ini.

Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Cilacap, Eddy Aprotuwiyono melalui Kasi Statistik dan Distribusi, Suseno Ariadhy dalam rilis berita resmi statistik Kabupaten Cilacap selasa (3/02) menjelaskan, turunnya harga BBM jenis premium dan solar berpengaruh terhadap laju inflasi mencapai 0,69 persen. Meski andil BBM dalam situasi tersebut cukup tinggi hal itu belum secara menyeluruh karena penurunan harga BBM terjadi pada 19 Januari 2015, bukan pada awal bulan. Sehingga dampaknya belum semua tarif angkutan umum maupun harga kebutuhan pokok ikut turun.

Dikatakan, komoditas yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi di kota Cilacap antara lain beras, bawang merah , bawang putih , telur ayam ras dan kue kering berminyak. Dari 82 kota IHK Nasional 6 kota di antaranya di Jawa Tengah. Seluruh kota di Jawa Tengah mengalami deflasi dengan catatan deflasi tertinggi di Kota Semarang yakni - 0,48 dan terendah di Kota Tegal minus 0,10 persen. (Arin Nastuti).

(Sumber: http://cilacapkab.go.id/v2/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=4719)




0 Komentar :