Senin, 16 Maret 2015 - 13:47:44 WIB
PELINDO III TANJUNG INTAN BERBENAH SAMBUT MEA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Daerah Cilacap - Dibaca: 1332 kali

HUMAS CILACAP.  PT Pelabuhan Indonesia III Persero/Pelindo III Cabang Tanjung Intan Cilacap terus berbenah dalam menghadapi persaingan memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2015. Pembenahan dilakukan dengan investasi alat dan membangun sejumlah fasilitas baru untuk meningkatkan produktifitas.

General Manager PT Pelindo III Cabang Tanjung Intan Cilacap, Djumadi, belum lama mengemukakan, Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap telah menyiapkan rencana kerja manajemen dalam menghadapi tantangan MEA 2015.  Sejumah kegiatan yang dilakukan, diantaranya penguasaan pangsa pasar bongkar muat di dermaga umum, investasi alat, peningkatan kualitas fasilitas dan daya dukung lapangan penumpukan 101 dan 102 serta memperkuat struktur bawah Dermaga II dan Dermaga Wijayapura.

Untuk menunjang kegiatan operasional bongkar muat, Djumadi menyampaikan, khususnya general cargo dan curah kering, Pelindo III Tanjung Intan telah mengagendakan investasi pengembangan fasilitas terminal dan pengadaan alat bongkar muat.

Menurut Djumadi, pengembangan fasilitas bongkar muat  harus diseriusi karena dari hari ke hari kegiatan bongkar muat yang ditangani sendiri secara full handling oleh Pelindo Tanjung Intan, semakin meningkat. 

Realisasi produksi pelayanan usaha bongkar muat (stevedoring) pada tahun 2014 tercatat sebesar 2.925.750 ton atau meningkat sebesar 2,44% dibanding periode yang sama tahun 2013.  Awal Januari tahun 2015, telah dilakukan pengadaan alat bongkar muat jenis ship grab sebanyak 4 unit untuk meningkatkan pelayanan kegiatan bongkar muat,” jelas Djumadi.

Sedang untuk pengembangan dan peningkatan kualitas fasilitas dermaga, telah dibangun mooring dolphin di Dermaga VI yang dapat dimanfaatkan mulai akhir Maret 2015. Mooring dolphin ini berfungsi untuk menahan kapal sehingga tetap berada pada posisi sandar. Seperti diketahui kapal-kapal yang berlabuh di Tanjung Intan adalah kapal-kapal dengan ukuran Gross tone yang besar, ujar Djumadi.(hromly)

(Sumber: http://humascilacap.info/new/news/detail/pelindo_iii_tanjung_intan_berbenah_sambut_mea)




0 Komentar :