Jumat, 20 Maret 2015 - 08:37:42 WIB
18.700 BATANG POHON BERHASIL DITANAM PADA PERAYAAN HARI HUTAN INTERNATIONAL
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Daerah Cilacap - Dibaca: 2 kali

HUMAS CILACAP. Dalam rangka perayaan Hari Hutan International tingkat Kabupaten Cilacap, sebanyak 18.700 batang Acasia mangium, Manglid, Gmelina dan pete, berhasil ditanam pada areal seluas 20 hektar di blok Sindangraja Wetan desa Sadabumi Kecamatan Majenang.

Puncak perayaan Hari Hutan International Kabupaten Cilacap dipusatkan di desa Sadabumi Majenang, Kamis (19/03).  Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Tatto Suwarto Pamuji, anggota DPRD Kabupaten Cilacap, Camat Majenang, dan warga masyarakat desa Sadabumi Majenang, para kelompok tani dari kecamatan Dayeuhluhur,  Wanareja, Majenang, Cimanggu dan Karangpucung, serta para penyuluh kehutanan wilayah Kecamatan Patimuan, kedungreja, Cipari, Sidareja, Gandrungmangu, Karangpucung, Cimanggu, Majenang, Wanareja dan Dayeuhluhur.

Menurut Laporan Kepala Dishutbun Kabupaten Cilacap, Ir. Sujito, perayaan hari hutan International bertujuan untuk meningkatkan upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hutan dan pohon diluas kawasan hutan. Sekaligus untuk mendorong masyarakat dalam berpartisipasi aktif pada aksi peduli hutan dan pohon diluar kawasan hutan.

Pada kegiatan tersebut, Kabupaten Cilacap berhasil menghijaukan lahan seluas 20 hektar dengan tanaman Acasia mangium sebanyak 2.200 batang, Manglid 7.700 batang, Gmelia 6.820 batang, dan Pete sebanyak 1.980 batang.

Tahun 2015 ini, lanjut Sujito, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Cilacap akan melaksanakan penanaman pohon sebanyak 500.000 batang pada lahan kritis seluas 548 hektar, melalui kegiatan rehabilitas hutan dan lahan.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pembangunan kehutanan dilaksanakan melalui empat model, yakni pembangunan secara vegetatif, sipil teknis, pembangunan sosial kemasyarakatan dan peningkatan produktivitas lahan.

Lebih lanjut dikatakan, pembangunan secara vegatatif merupakan pembangunan kehutanan yang dilaksanakan dengan upaya penanaman pohon. Karena pohon yang kita tanam adalah cikal bakal adanya hutan.

Hutan yang tumbuh dengan subur dan dikelola dengan baik, maka akan menghasilkan manfaat yang besar bagi manusia, ujar Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan sejumlah bantuan kepada kelompok tani antara lain 3.440 batang bibit bambu petung, 3.440 batang bibit Manglid, 2.200 batang bibit Acasia mangium, 2.200 batang bibit bayur, dan 2.200 bibit Manggis. (hromly)

(Sumber: http://humascilacap.info/new/news/detail/18700_batang_pohon_berhasil_ditanam_pada_perayaan_hari_hutan_international)




0 Komentar :