Senin, 30 Maret 2015 - 08:13:01 WIB
48 TIM IKUTI KEJUARAAN PERAHU NAGA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pariwisata, Budaya, Hiburan dan Olahraga - Dibaca: 2 kali

HUMAS CIACAP. Sebanyak 48 tim dari berbagai daerah ikut ambil bagian dalam kejuaraan perahu naga yang bertajuk "Cilacap Dragon Boat Race Open Tournament 2015" di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Sabtu Minggu (28-29/03).

Menurut Ketua Panitia Paijan, Kejuaraan Cilacap Dragon Boat digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Ke-159 Kabupaten Cilacap, sekaligus untuk menyukseskan Calendar of Event Pariwisata Cilacap Tahun 2015, ”yo Wisata ke Cilacap” dan “Visit Jawa Tengah”. Kejuaraan tersebut juga dalam rangka menggali potensi atlet dayung lokal Cilacap agar mampu berprestasi ditingkat regional, nasional, maupun internasional.

48 tim dayung yang terjun dalam kejuaraan tersebut terbagi atas dua kategori, yakni lokal yang ikuti 29 tim dan nasional diikuti 19 tim. Kategori lokal yang digelar hari ini diikuti 29 tim yang terdiri atas sembilan tim eksibisi SMA/SMK Cilacap, lima tim kecamatan, dan 15 tim lokal Cilacap, ujar Paijan yang juga Ketua Pengurus Cabang PersatuanOlahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Cilacap.

Para pemenang juara I-IV kategori lokal berhak mengikuti kejuaraan nasional yang  digelar pada hari Minggu(29/3). Para juara kategori lokal tersebut, selanjutnya berhadapan dengan 19 tim yang berasal dari berbagai daerah di JawaTengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur yang sebagian besar merupakan tim binaan TNI Angkatan Laut. Dengan demikian, lanjut Paijan, kejuaraan nasional pada hari Minggu (29/3) bakal diikuti oleh 23 tim.

Sementara itu dalam sambutan pembukaan, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutan tertulis yang dibacakan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Cilacap Kolonel Laut (P) Toto Suharyanto mengharapkan kegiatan tersebut dapat mendorong perkembangan olahraga dayung.

Selain itu kejuaraan tersebut, diharapkan dapat mengembangkan bidang pariwisata di Kabupaten Cilacap. Untuk itu Bupati, mengimbau para atlet dayung untuk bermain dengan penuh semangat dan sportif.

Wakil Bupati Cilacap Akhmad Edi Susanto, yang hadir dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan "Cilacap Dragon Boat Race Open Tournament 2015" karena diikuti pelajar.

Dengan Kejuaran  ini, Wabup berharap dapat mengenalkan potensi wisata laut di Cilacap, kepada para pelajar sehingga bisa menumbuhkan kecintaan pada alam khususnya laut termasuk mencintai olahraga dayung. Kegiatan ini juga sebagai pembinaan untuk bisa melahirkan bibit atlet dayung yang bagus sehingga nantinya akan ada bibit dayung yang unggul, ujar Wabup.

Wabup mengharapkan atlet-atlet dayung asal Cilacap bisa tampil dalam berbagai kejuaraan, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. "Dulu pernah ada atlet dayung asal Cilacap yang jadi juara internasional. Diharapkan nantinya akan muncul lagi atlet dayung yang handal, ujar Wabup. (hromly)

(Sumber: http://humascilacap.info/new/news/detail/48_tim_ikuti_kejuaraan_perahu_naga)




0 Komentar :