Kamis, 09 April 2015 - 08:47:16 WIB
KECAMATAN GANDRUNGMANGU BAYAR PBB SERENTAK
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Daerah Cilacap - Dibaca: 2257 kali

HUMAS CILACAP. Pemkab Cilacap menerapkan sistem jemput bola pada pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan/PBB di Kecamatan Gandrungmangu. Untuk mendukung sistem tersebut, Kecamatan Gandrungmangu menyiapkan empat belas desa sebagai tempat pembayaran, untuk memudahkan warga masyarakat menunaikan kewajiban membayar pajak.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji didampingi Assisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra, Dian Setyabudi, serta sejumlah pejabat dijajaran Pemkab Cilacap,  Senin (06/04) meninjau pelaksanaan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan/PBB di desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu.

Pembayaran PBB serentak di desa Wringin harjo didahului dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji yang diserahkan kepada ketua kelompok tani Maju Makmur.

Menurut Camat Gandrungmangu, Satrio Luhur Muchsin, pagu PBB yang menjadi kewajiban Kecamatan Gandrungmangu mencapai Rp. 1,458 milyar dengan jumlah wajib pajak 70.000 orang.

Pembayaran pajak secara serentak yang dilakukan di Kecamatan Gandrungmangu merupakan upaya pemerintah Kecamatan untuk mengajak warga masyarakat melaksanakan kewajibannya membayar pajak, ujar Satrio.

Pelaksanaan pembayaran sistem ini, telah berlangsung selama tiga tahun terakhir, dan PBB selalu terbayar lunas. Tidak itu saja, target juga selalu terlampaui, bahkan kecamatan Gandrungmangu masuk dalam peringat 8 besar sebagai kecamatan tercepat dalam pelunasan PBB tingkat Kabupaten Cilacap.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas kesadaran masyarakat kecamatan Gandrungmangu yang cukup tinggi dalam membayar PBB secara tepat waktu.

Untuk itu, lanjut Bupati, Pemkab memberikan aspresiasi yang tinggi sekaligus penghargaan kepada masyarakat, pemerintah desa, lembaga desa, lembaga kemasyarakatan desa serta semua pihak yang telah berperan aktif dalam pembayaran PBB.

Menurut Bupati, PBB-P2 saat ini merupakan pendapatan asli daerah Kabupaten Cilacap yang sangat diperlukan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Keberhasilan kita dalam pemungutan PBB tentunya akan sangat mendukung keberhasilan kebijakan Bangga Mbangun Desa. Karena dana yang terkumpul dari pajak tersebut, digunakan untuk membiayai pembangunan di Kabupaten Cilacap, ujar Tatto.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan sejumlah bantuan antara lain satu unit traktor, dua buah gerobak sorong dan empat buah handsprayer, kepada kelompok tani Maju Makmur. (hromly) 

(Sumber: http://humascilacap.info/new/news/detail/kecamatan_gandrungmangu_bayar_pbb_serentak)




0 Komentar :