Jumat, 10 April 2015 - 10:13:31 WIB
BUPATI CILACAP TETAPKAN, SETIAP KAMIS GUNAKAN BAHASA JAWA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Daerah Cilacap - Dibaca: 3264 kali

HUMAS CILACAP. Apel pagi dilingkungan Pemkab Cilacap yang digelar di halaman Pendopo Wijayakusuma, Kamis (09/04) terasa sangat istimewa. Keistimewaan tersebut terlihat dari komunikasi yang disampaikan dalam pelaksanaan apel, dengan menggunakan bahasa Jawa. Mulai dari laporan pemimpin apel hingga sambutan Bupati Cilacap selaku pembina apel.

Apel pagi dihadiri Sekretaris Daerah Drs. Sutarjo, MM dan para Kepala SKPD dijajaran Pemkab Cilacap.

Dihadapan para peserta apel pagi yang terdiri dari karyawan-karyawati di jajaran Pemkab Cilacap, Bupati Tatto Suwarto Pamuji menetapkan, bahwa sejak hari Kamis tanggal 9 April 2015 ini, dilingkungan Pemkab Cilacap pada setiap hari kamis setiap minggunya menggunakan komunikasi dengan bahasa Jawa.

Bupati lebih lanjut mengatakan, penggunaan bahasa jawa setiap kamis merupakan komitmen kita bersama sebagaimana telah diatur dengan surat edaran Bupati Cilacap Nomor 060/01796/11, tanggal 30 Maret 2015, tentang penggunaan bahasa Jawa untuk komunikasi lisan dilingkungan Pemkab Cilacap.

Penggunaan bahasa Jawa setiap Kamis, lanjut Bupati, selain merupakan upaya untuk melestarikan bahasa daerah sendiri, sekaligus untuk membudayakan penggunaan bahasa Jawa dilingkungan kerja. Dengan harapan kita semua akan fasih berbahasa jawa, termasuk bahasa jawa Cilacapan.  

Hal ini menurut Bupati, dilakukan untuk menghindari akibat kemajuan jaman, kita lupa dengan bahasa daerah sendiri. Dan yang lebih memprihatikan, anak keturunan kita tidak mengenal atau tidak bisa berbahasa Jawa, karena tidak kita kenalkan atau mereka tidak kita latih untuk berbicara dengan menggunakan bahasa jawa.

Bupati berharap, dengan kita mulai berbahasa jawa, akan diikuti pula oleh warga masyarakat lainnya, sehingga kecintaan terhadap bahasa daerah akan semakin meningkat dan tidak luntur oleh kemajuan jaman.

Karena sebagai orang Cilacap, kita harus bangga dengan bahasa Jawa, termasuk bahasa Jawa Ngapak Cilacapan, Kita tidak usah ragu apalagi malu berbahasa jawa ngapak Cilacapan, terlebih bahasa jawa ini mempunyai ciri khas tersendiri yakni blakasuta dan apa adanya, ujar Bupati. (hromly)

(Sumber: http://humascilacap.info/new/news/detail/bupati_cilacap_tetapkan_setiap_kamis_gunakan_bahasa_jawa)




0 Komentar :