Rabu, 17 Februari 2016 - 09:16:17 WIB
KWARCAB 1101 CILACAP, GELAR PESTA SIAGA 2016
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Daerah Cilacap - Dibaca: 876 kali

HUMAS CILACAP. Kwarcab 1101 Gerakan Pramuka Kabupaten Cilacap, Sabtu (13/02) menggelar pesta siaga 2016, di lapangan Krida Loka Kecamatan Sampang. Pesta Siaga  diikuti ratusan pramuka siaga dari 24 kwartir ranting se Kabupaten Cilacap, dibuka oleh Bunda Hj. Tetty Suwarto Pamuji.

Pembukaan pesta siaga diihadiri, Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Cilacap, yang juga Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Cilacap, yakni Wakil Bupati Ahmad Edi Susanto dan Ketua DPRD  Taufik Nurhidayat, Ketua Kwarcab 1101 Cilacap, Drs. Sutarjo, MM, Anggota Mabicab Gerakan Pramuka Cilacap, pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cilacap, Ketua Mabiran Pramuka Kecamatan serta Ketua dan pengurus Kwatir Ranting Pramuka se Kabupaten Cilacap, dan undangan lain.

Pembukaan Pesta Siaga ditandai dengan pelepasan balon dan pemasangan tanda peserta oleh Bunda Hj. Tetty Suwarto Pamuji.

Pesta Siaga 2016 bertujuan untuk memberikan wadah yang terarah dalam kegiatan peserta didik. Dengan harapan setelah mengikuti kegiatan pesta siaga, peserta dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan serta mengembangkan diri di gugus depan masing-masing.

Bunda Hj. Tetty Suwarto Pamuji dalam kesempatan tersebut menyampaikan, gerakan kepanduan nasional lahir dan mengakar di bumi nusantara merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari gerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut Bunda Tetty, gerakan pramuka sebagai kelanjutan dan pembaharuan gerakan kepanduan nasional, tetap relevan untuk terus didukung dan dikembangkan sebagai penyelenggara pendidikan non formal diluar sekolah dan diluar keluarga, yang berfungsi sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda.

Melalui pesta siaga, tentunya pramuka siaga akan menerima banyak ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat, baik yang berkenaan dengan wawasan, kedisiplinan, ketangkasan/ketrampilan maupun kemandirian dalam rangka pengembangan diri pribadi seutuhnya baik fisik maupun mental spiritual sesuai dengan tingkat kemampuannya, ujar Bunda Tetty.

Bunda Tetty juga mengajak kepada para peserta  pesta siaga, untuk terus meningkatkan prestasi dan senantiasa rajin belajar, meningkatkan disiplin, tidak mudah putus asa, patuh dan taat kepada orang tua, serta beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Sehingga pada gilirannya nanti, nanda menjadi anak cerdas, mandiri, berprestasi dan berbudi pekerti yang luhur.

Pada kesempatan tersebut, Bunda Tetty menyerahkan penghargaan kepada Kwartir Ranting tergiat tahun 2015, yang meliputi lima bidang.

Untuk bidang Binamuda, kwartir ranting tergiat pertama diraih Kwarran Jeruklegi, disusul juara II dan Ketiga Kwarran Bantarsari dan Binangun.

Bidang Dewan Kerja, Kwaran tergiat I, diraih oleh Majenang, Juara II dan III masing-masing diraih kwaran Bantarsari dan Kedungreja.

Bidang Binawasa, Kwartir Ranting tergiat pertama diraih oleh Bantarsari, disusul oleh Sidareja sebagai kwaran tergiat II dan Cilacap Utara sebagai kwaran tergiat III.

Bidang Humas dan Abdimas, kwaran tergiat pertama diraih Sampang, ditempat kedua kwarran Bantarsari dan tempat ketiga Kwarran Dayeuhluhur.

Di bidang Manajemen, administrasi dan Keuangan, kwartir Ranting tergiat pertama diraih Bantarsari, disusul kwarran Majenang ditempat kedua dan kwarran Cilacap Selatan ditempat ketiga.

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan hasil kejuaraan Lomba mini drama berbahasa Inggris tahun 2015, juara pertama diraih oleh SMP Negeri 1 Cimanggu, Juara kedua diraih SMP Negeri 2 Sidareja dan Juara Ketiga diraih oleh SMP Negeri 5 Cilacap. (hromly)

Sumber: www.humascilacap.info




0 Komentar :