Rabu, 17 Februari 2016 - 09:22:14 WIB
PERSIAPAN DOB CILACAP BARAT MINIMAL TIGA TAHUN
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik dan dan Pemerintahan - Dibaca: 392 kali

HUMAS CILACAP. Jika rekomendasi DOB (Daerah Otonomi Baru) dipastikan turun pada Maret 2016 mendatang, maka setidaknya butuh waktu minimal tiga tahun bagi wilayah Cilacap barat untuk menjadi kabupaten sendiri.

Namun demikian hal ini akan sangat tergantung dari hasil evaluasi. Artinya jika mampu melalui semua persiapan dan menunjukan perkembangan positif, maka Cilacap Barat bisa menjadi kabupaten sendiri. Apabila selama kurun waktu ini belum menunjukan kelayakan, diberi toleransi dua tahun lagi.

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Cilacap, Wasi Ariyadi menjelaskan, dalam aturannya memang daerah yang akan dimekarkan tidak bisa langsung menjadi daerah otonomi tetapi harus melalui tahapan menjadi daerah persiapan terlebih dahulu. “Selama tiga tahun DOB ini akan dinilai. Jika ternyata berkembang dan layak mandiri, barulah pemerintah menetapkannya sebagai daerah otonom baru Cilacap Barat” tutur Wasi.

Selanjutnya, apabila toleransi dua tahun ini ternyata evaluasinya tidak menunjukan hasil positif,  maka pemakaran pupus dan dikembalikan ke daerah induknya. Persyaratan itu mengacu adanya perubahan mekanisme dan proses pemekaran wilayah berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sebelumnya juga terdapat mekanisme pemekaran yang juga diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004. Pemerintah pusat juga sedang menyusun perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Daerah menjadi dua. Yaitu Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Penataan Daerah dan RPP tentang Desain Dasar Penataan Daerah.

Dalam RPP tentang Desain Dasar Penataan Daerah sesuai dengan hasil Rapat Uji Publik kedua RPP tersebut diperoleh informasi, melalui kedua RPP akan dipetakan terlebih dahulu jumlah provinsi, kabupaten dan kota yang ideal hingga tahun 2025. Proses ini sekaligus melihat kemampuan daya dukung daerah jika dimekarkan dan Desain Dasar Penataan tersebut selanjutnya akan dijadikan dasar oleh Pemerintah Provinsi untuk memetakan daerah-daerah kabupaten - kota yang memiliki potensi untuk dimekarkan.

“Informasi dari Kementerian Dalam Negeri, Kemendagri sudah menerima 215 usulan pemekaran daerah otonom baru. Sebanyak 88 usulan daerah otonom dari DPR periode terdahulu dan 127 usulan pemekaran baru. Untuk Kabupaten Cilacap masuk ke 127 usulan yang baru” terang Wasi.

Ketua Presidium Pemekaran Cilacap Barat, Bambang Suharto dalam pesan singkat yang diterima media massa menyampaikan, rekomendasi DOB Cilacap Barat akan terbit pada Maret 2016. Beberapa hari lalu, pihaknya sudah menghadap Komisi II DPR RI didampingi Komite I DPD RI dan memperoleh rekomendasi persiapan DOB tersebut. (AP). 

Sumber: www.humas.cilacap.info




0 Komentar :