Senin, 22 Februari 2016 - 07:49:44 WIB
PEMKAB CILACAP GELAR FORUM SKPD
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Daerah Cilacap - Dibaca: 352 kali

HUMAS CILACAP. Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah/RKPD tahun 2017, Pemkab Cilacap menggelar Forum SKPD, di Aula Bappeda, Kamis (18/02).

Forum SKPD dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs.Sutarjo,MM, diikuti para Kepala SKPD dijajaran Pemkab Cilacap, Camat dan Lurah se Kabupaten Cilacap serta para Ketua Komisi DPRD Kabupaten Cilacap.

Menurut laporan Sekretaris Bappeda Kabupaten Cilacap, Sumbowo, S. Sos, Msi, forum SKPD bertujuan untuk memaduserasikan penyempurnaan Rancangan  RKPD tahun 2017 yang memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan, berdasarkan tugas dan fungsi SKPD. Sekaligus memadukan program dan kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBN, APBD Provinsi Jawa Tengah dan APBD Kabupaten Cilacap.

Dengan forum tersebut lanjut Sumbowo, diharapkan dapat terwujud koordinasi, sinergitas, effisiensi dan efektifitas dalam penyusunan prioritas rencana program kegiatan dan anggaran yang dituangkan dalam RKPD tahun 2017.

Dalam forum SKPD, para peserta juga menerima paparan dari sejumlah narasumber antara lain, Kepala Bappeda Kabupaten Cilacap, Indro Cahyono, tentang arah dan kebijakan Pembangunan tahun 2017, Kepala DPPKAD, Farid Maruf, tentang Prediksi  Pendapatan tahun 2017.

Selain itu, narasumber lain yang ikut melakukan pemaparan diantaranya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah selaku koordinator bidang Administrasi Umum, Kepala Dinas Binamarga, SDA dan ESDM selaku koordinator bidang prasarana wilayah, Kepala Disperindagkop dan UMKM selaku koordinator bidang ekonomi dan Kepala Dinas Kesehatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Sutarjo,MM dalam kesempatan tersebut mengatakan, forum SKPD merupakan sebuah forum koordinasi antar pemangku kepentingan yang dilakukan untuk memadukan kebijakan pembangunan daerah, program dan kegiatan antar SKPD, yang muaranya adalah tersusunnya RKPD tahun 2017.

Lebih lanjut dikatakan, untuk mempercepat tercapainya tujuan pembangunan, Pemkab Cilacap telah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 76 tahun 2011, tentang Gerakan Bangga Mbangun Desa dan percepatan pembangunan juga dituangkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor : 5 Tahun 2013, tentang RPJMD Kabupaten Cilacap Tahun 2012 – 2017.

Selain itu, perlu diantisipasi tentang priortias program kegiatan yang memerlukan perhatian dan komitmen dari Pemkab Cilacap, untuk mendukung sinergitas dengan Pemerintah pusat, Provinsi dan Kabupaten, antara lain melalui penyediaan cost sharing/pendampingan untuk program/kegiatan diberbagai sektor yang melalui dana DAK, tugas pembantuan dan bantuan keuangan pemerintah Provinsi serta program kerjasama lintas daerah/wilayah, ujar Sekda. (hromly)

(Sumber: www.humascilacap.info)




0 Komentar :