Kamis, 23 Maret 2017 - 11:47:38 WIB
Forum Antar OPD 2017
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Daerah Cilacap - Dibaca: 62 kali

Bappelitbangda. Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah/RKPD Tahun 2018, Pemkab Cilacap menggelar Forum Antar Perangkat Daerah, di Aula Bappelitbangda Jl. Kauman No. 28 B Cilacap, Kamis (23/03).

Forum SKPD dibuka oleh Bupati Cilacap Tato S Pamuji, dalam sambutannya Bupati menekankan agar hasil dari Forum SKPD ini bisa sebagai bahan verifikasi dan sinkronisasi untuk Rancangan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Tahun 2018.

Forum ini diikuti para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dijajaran Pemkab Cilacap, Camat se Kabupaten Cilacap serta turut diundang pula para Ketua Komisi DPRD Kabupaten Cilacap.

Menurut laporan Sekretaris Bappelitbangda Kabupaten Cilacap, Sumbowo, S. Sos, Msi, Forum Antar Perangkat Daerah bertujuan untuk memaduserasikan penyempurnaan Rancangan  RKPD Tahun 2018 yang memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan, berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah, sekaligus memadukan program dan kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBN, APBD Provinsi Jawa Tengah dan APBD Kabupaten Cilacap.

Dengan forum tersebut lanjut Sumbowo, diharapkan dapat terwujud koordinasi, sinergitas, effisiensi dan efektifitas dalam penyusunan prioritas rencana program kegiatan dan anggaran yang dituangkan dalam RKPD tahun 2018.

Dalam forum SKPD, para peserta juga menerima paparan dari sejumlah narasumber antara lain, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf, MM tentang arah dan kebijakan Pembangunan Tahun 2018, Kepala BPPKAD, Drs. Subiharto, MM tentang Prediksi  Pendapatan Tahun 2018,

Selain itu, narasumber lain yang ikut melakukan pemaparan adalah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Cilacap selaku koordinator bidang Pemerintahan dan Kesra, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Cilacap selaku koordinator bidang Ekonomi dan Infrastruktur Wilayah, dan Asisten Administrasi Sekda Cilacap selaku koordinator bidang Administrasi Umum dengan dimoderatori oleh Sekretaris Daerah Drs. Sutarjo, MM.

Sekretaris Daerah dalam kesempatan tersebut mengatakan, forum SKPD merupakan sebuah forum koordinasi antar pemangku kepentingan yang dilakukan untuk memadukan kebijakan pembangunan daerah, program dan kegiatan antar SKPD, yang muaranya adalah tersusunnya RKPD Tahun 2018.

Selain itu, perlu diantisipasi tentang priortias program kegiatan yang memerlukan perhatian dan komitmen dari Pemkab Cilacap, untuk mendukung sinergitas dengan Pemerintah pusat, Provinsi dan Kabupaten, antara lain melalui penyediaan cost sharing/pendampingan untuk program/kegiatan diberbagai sektor yang melalui dana DAK, tugas pembantuan dan bantuan keuangan pemerintah Provinsi serta program kerjasama lintas daerah/wilayah, ujar Sekda.

Hasil dari Forum Antar Perangkat Daerah ini nantinya akan di bahas pada Musrenbang RKPD tahun 2018 sebagai  bahan perencanaan pembanguna daerah untuk tahun 2018 sehingga akan menghasilkan program kerja yang dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai kebutuhan.




0 Komentar :