Minggu, 05 Oktober 2014 - 22:21:47 WIB
Rapat Koordinasi FEDEP 1 Oktober 2014
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita FEDEP Cilacap - Dibaca: 163289 kali

Fedep-Cilacap. Bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Cilacap pada Hari Rabu (1/10/2014) yang lalu, Forum for Economic Developtment and Employment Promotion (FEDEP) mengadakan Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh  para pengurus FEDEP Kabupaten Cilacap. Rakor yang dibuka oleh Kepala Bappeda ini bertujuan untuk membuat AD/ ART FEDEP, menyusun Visi dan Misi Organisasi  dan sekaligus menyusun program kerja FEDEP.

Latar belakang dibentuknya FEDEp adalah berawal ketika pada periode Tahun 1998/1999 dilakukan penelitian UKM di Jateng yaitu kerjasama GTZ dengan Pemprov. Jateng yang menyimpulkan berbagai permasalahan dalam program pengembangan/pembinaan UKM yaitu :

  1. Terjadinya tumpang tindih kegiatan
  2. Pengembangan masih sektoral 
  3. Program sering kali tidak berkesinambungan
  4. Partisipatif bersifat linier (kurang melibatkan pihak - pihak terkait)   
  5. Belum adanya sinergi dengan pihak lain
  6. Sulit didalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi karena program fokus dan lokus (lokasi) kurang jelas

Berdasarkan hasil penelitian tersebut Pemprov Jawa Tengah membuat rekomendasi

Untuk membentuk Forum Pengembangan Ekonomi Lokal yang di Provinsi Jaw Tengah diberi nama FPESD (Forum Pengembangan Ekonomi dan Sumber Daya), sedangkan ditingkat Kabupaten diberi nama Forum for Economic Developmen and Employment Promotion dan disingkat FEDEP, atau dalam Bahasa Indonesia adalah Forum Pengembangan Ekonomi dan Peningkatan Kesempatan Kerja.

FEDEP adalah merupakan Forum Kemitraan Pemerintah dan Non Pemerintah yang terlembaga dengan keanggotaan terdiri dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), KADIN, Asosiasi, Perguruan Tinggi dan Perwakilan UMKM (Klaster) dan memiliki tugas untuk  membantu Kepala Daerah dalam formulasi kebijakan, fasilitasi pelaksanaan dan Monev.  Diharapkan dengan adanya kelembagaan FEDEP ini dapat mempercepat pengembangan ekonomi lokal berbasis klaster yang berkelanjutan. (be-fedep)




3 Komentar :